Bagaimana Cara Menentukan Dokter Kandungan yang Tepat

Dokter ibu hamil memang tidak bisa dipilih sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Karena layaknya memilih dokter spesialis, memiliki dokter kandungan tentunya menggunakan berbagai pertimbangan yang matang karena berhubungan dengan kelangsungan proses reproduksi yang akan dihadapi.

Ibu hamil tentunya membutuhkan rasa nyaman dan aman ketika mereka diperiksa, maka dari itu pertimbangkan kredibilitas dokter melalui riwayat dari si dokter. Apakah track record yang dimiliki aman untuk diikuti, sehingga Anda bisa mempercayakan kandungan Anda kepada dokter tersebut? Jika Anda belum yakin, perhatikan beberapa informasi berikut ini.

Pertama, ketahui perbedaan antara dokter kandungan dan bidan. Meskipun kedengarannya sama, nyatanya tugas mereka berbeda.

Dokter kandungan atau obsetrik menangani berbagai macam hal yang berhubungan dengan masa kehamilan, mulai dari perencanaan kehamilan, masa kehamilan, persalinan, sampai dengan menangani berbagai komplikasi yang mungkin muncul.

Dokter ibu hamil

Sedangkan ginekologi atau bidan akan membantu Anda melakukan perawatan untuk organ reproduksi mulai dari rahim, tuba falopi, indung telur, sampai dengan vagina dan leher rahim.

Nah, dari kedua pengertian tersebut apakah Anda sudah mulai memiliki pandangan kepada siapakah Anda akan mempercayakan kehamilan Anda? Sebagai tambahan informasi, dokter kandungan juga ternyata bisa mengatasi masalah payudara, keguguran, menopause, kesuburan, sampai konsultasi penggunaan alat kontrasepsi. Lalu bagaimana langkah tepat yang bisa dilakukan untuk memiliki dokter kandungan yang tepat?

  • Pastikan Anda mencari referensi

Referensi yang dianjurkan adalah dari orang terdekat yang sudah pernah datang untuk berkonsultasi dengan dokter yang Anda maksud. Mereka pasti memiliki pengalaman sehingga bisa memberikan informasi berdasarkan apa yang mereka rasakan.

  • Lihat riwayat pemeriksaan yang dilakukan

Hal ini dikhususkan bagi Anda yang memiliki penyakit bawaan seperti jantung, diabetes, darah tinggi, atau penyakit lainnya yang bisa mendatangkan resiko. Sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu, apakah dokter yang Anda masukan dalam daftar list pernah mengatasi kondisi serupa?

Dengan begitu, Anda bisa merasa aman karena pengalaman yang dokter tersebut miliki. Karena Anda butuh penanganan yang khusus, tidak apa-apa jika Anda dianggap sebagai pemilih. Semua ini demi kesehatan bayi dan Anda saat masa kehamilan, melahirkan, sampai anak tersebut tumbuh dan berkembang.

  • Pilih dokter yang memberikan rasa nyaman

Selain dua hal tersebut, hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan adalah apakah dokter yang Anda pilih memberikan kenyamanan untuk diri Anda dan kandungan? Coba Anda pastikan dengan berkunjung sekali ke tempat praktek Dokter ibu hamil tersebut.

Jika Anda merasa nyaman dan mudah mengajukan pertanyaan, maka bisa dikatakan dokter tersebut bisa diajak komunikasi sehingga mudah jika berkonsultasi. Kemudian perhatikan, apakah dokter tersebut bisa memberikan penjelasan dengan baik dan bisa diterima oleh Anda? Jika iya, maka pilihlah, karena pasti dokter tersebut mampu mengerti apa yang Anda rasakan.

Lalu kapan sebenarnya ibu hamil harus mendatangi dokter kandungan? Apakah dari awal kehamilan, atau setelah menikah? Sebenarnya semua wanita baik yang sudah menikah maupun belum bisa datang ke dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi yang dimiliki.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mempertimbangakan dokter mana yang akan Anda pilih untuk membantu Anda melawati masa kehamilan yang sedang Anda hadapi. Selalu diskusikan dengan keluarga untuk keputusan terbaik, semoga Anda bisa mendapatkan dokter yang mampu mengerti dan memahami Anda ya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>